Analisis Data (Rangkuman Bab 6)

-Analisis Data-

Data merupakan catatan atas kumpulan fakta, sedangkan Analisis merupakan mengamati aktivitas objek dengan cara mendeskripsikannya. maka dari itu, Analisis data adalah proses inspeksi, pemodelan, serta pembersihan data dengan tujuan menemukan informasi yang berguna.

Kegiatan apa aja yang akan dilakukan terkait Analisis data?
A. Pencarian data
B. Visualisasi data
C. Peringkasan data
D. Pengelolaan data

A. Pencarian data
Pencarian data dengan lembar kerja dapat dilakukan dengan menggunakan fungsi. Pada saat kita mencari data, ada dua kemungkinan yg dapat diperoleh, yaitu data yang dicari ditemukan (kondisi benar/TRUE) atau data yang dicari tidak ditemukan (kondisi salah/FALSE). Fungsi yang dapat digunakan ada fungsi lookup dan fungsi reference

- fungsi lookup
lookup adalah fungsi yang disediakan aplikasi kerja. MS Excel mencari suatu data dalam sebuah range.


- fungsi reference
fungsi utk mengacu suatu lokasi data di dalam suatu range. ada berbagai fungsi yaitu match, index, dan choose

B. Visualisasi data
data yang disusun dalam bentuk tabel dapat ditampilkan dalam bentuk grafik atau chart disebut sebagai Visualisasi data. Visualisasi data memudahkan kita untuk memahami makna data yang sudah ada.


C. Peringkasan data
data yang akan dikelola biasanya berjumlah banyak dan sulit untuk dipahami, tetapi dengan melakukan peringkasan data, kalian dapat melihat gambaran secara umum dari data yang dimiliki.

D. Pengelolaan data
Excel menyediakan fitur Tables secara otomatis yang memungkinkan kita untuk menganalisis data di dalam worksheet secara cepat dan mudah. Fitur ini disediakan dalam Tables adalah filter, sorting, dan total untuk menghitung statistik sederhana.

berikut video tentang analisis data :


Terima kasih, semoga bermanfaat :)







Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kesan Pesan MPLS Labschool Jakarta

Kegiatan Prasaksi 2022

Artificial Intelligence